Senin, 03 November 2014

Cara Membuat kemplang Bangka



Kerupuk atau juga disebut kemplang Bangka adalah makanan selingan atau dapat juga sebagai lauk pauk. Bahan dasar yang digunakan adalah ikan tenggiri dan tepung tapioka. Dapat pula ikan diganti dengan udang atau cumi-cumi. 
Bahan-bahan untuk membuat kerupuk atau kemplang Bangka: 

·         Ikan Tenggiri
·         Tepung Tapioka
·         Garam secukupnya
·         Bumbu penyedap
Peralatan : 

·         Alat penggiling ikan
·         Alat Penjemuran
·         Alat Pemotong kemplang (bisa juga menggunakan pisau biasa)
·         Alat Penggorengan
Proses Pembuatan 

1.    Mula-mula ikan dibersihkan isi perut dan buang bagian kepalanya. Lalu dicuci bersih dan ditiriskan. Daging ikan diiris untuk memisahkan daging dengan tulang ikan. Kerok daging ikan, pisahkan daging ikan dari tulangnya.
2.    Daging ikan yang telah bersih dari tulang kemudian digiling dengan menggunakan alat penggiling ikan hingga halus. Pisahkan urat-urat ikan yang masih menempel di daging ikan untuk menghasilkan kemplang yang baik.
3.    Daging ikan yang telah halus dicampur dengan garam secukupnya dan diaduk rata. Setelah tercampur rata, daging ikan dicampur dengan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata hingga menjadi setengah padat dan dapat dibentuk lenjeran.
4.    Lenjeran bahan kemplang direbus di air yang sudah mendidih dan akan mengapung apabila telah masak atau dapat juga dikukus hingga matang. Diamkan hingga dingin, agak keras dan kering. Lenjeran yang telah keras tersebut dipotong-potong dengan ketebalan tertentu, kemudian dijemur hingga kering. Setelah kering kemplang dapat digoreng. Sebaiknya sebelum kemplang digoreng, kemplang dijemur lagi terlebih dahulu.
5.    Kemplang tersebut dapat juga digoreng dengan menggunakan pasir yang disebut kemplang panggang. Caranya pasir bersih yang diambil dari dasar sungai dikeringkan menggunakan sinar matahari, kemudian ditaruh diwajan dan dipanaskan. Setelah pasir diwajan benar-benar panas, benamkan kemplang kedalam pasir panas tersebut. Sambil dibolak-balik hingga matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar